Saturday, December 20, 2014
Berlangganan

Ular Suci Pura Tanah Lot Bali

Ular Suci Pura Tanah Lot Bali

Ular Suci Tanah Lot - Tanah lot di bali terkenal dengan beragam keunikannya. Selain karena puranya yang terletak di tengah lautan dan hanya bisa dijangkau ketika air laut surut terdapat juga keunikan lain yakni Ular Suci yang mendiami salah satu gua yang ada di tanah lot.

Terdapat beberapa Gua yang ada di tanah lot ini, namun hanya dua gua yang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung kesana yakni gua mata air tawar dan juga gua ular suci. Letak gua ular suci tepat terletak di depan gua mata air tawar. Dua objek wisata ini adalah objek wisata alternatif. Mengapa dibilang alternatif karena apabila pengunjung tidak dapat masuk ke pelataran Pura Tanah Lot untuk melihat-lihat isi pura tanah lot karena air laut pasang maka mereka akan memilih untuk mengunjungi ular suci atau sumber mata air tawar ini.

Gua yang memiliki lebar sekitar lima meter ini sangatlah menakjubkan. Didalamnya terdapat sebuah patung dengan ketingian kurang lebih setengah meter. Patung ini berwujud Ida Pedanda Dangyhang Dwijendra seorang ida pedanda yang pernah melakukan pemujaan di gua tersebut. 
Gua ular suci tanah lot
Gua Ular Suci
Ketika anda ke gua ular suci, akan ada seorang penjaga disana yang menggenakan pakaian adat sembahyang hindu. Penjaga itu akan memperbolehkan kita untuk memgang ular suci tersebut. Selain itu kita juga bisa mengambil foto ketika kita memegang ular suci tersebut.


Ular Suci di pura tanah lot ini berwarna belang hitam putih layaknya zebra. Warga sekitar menyebut warna itu dengan sebutan warna poleng yakni perpaduan antara warna hitam dan putih. Selain pada ular suci wisatawan juga mengunjungi gua mata air tawar, Disana oleh penjaga wisatawan diperbolehkan untuk membasuh muka maupun tangan bahkan wisatawan juga dapat meminum mata air tawar tersebut. Yang menjadi menakjubkan adalah dimana mata air tawar ini muncul di deburan ombak laut yang asin. Ketika mata air ini diminum tidak terasa asin sama sekali malahan rasa segar yang didapatkan.
ular suci tanah lot
Ular Suci
Konon katanya, jika kita meminum air dari mata air ini sambil mengucapkan doa, maka doa anda akan terkabul. Selain itu banyak wisatawan dari warga non hindu yang berdatangan ke tempat ini.Mereka meyakini bahwa air dari mata air ini dapat menyembuhkan berbagai macampenyakit dan apabila ada pasangan suami istri yang belum mempunyai keturunan meminum air dari mata air ini maka sang istri akan di berikan kesuburan dan akan segera memiliki momongan.
ular poleng
Ular Suci
Legenda atau asal-usul dari mana ular suci ini berasal menurut penuturan masyarakat sekitar adalah dari selendang Danghyang Niratha, Sosok yang paling berpengaruh dalam penyebaran agama hindu dibali. Konon untuk melindungi pura tanah lot yang ia bangun, dengan kesaktiannya ia merubah selendangnya menjadi ular-ular yang sangat berbisa. Bahkan katanya bisa dari ular-ular itu empat kali lebih berbisa dari pada ular kobra.

Setelah anda puas menikmati keindahan gua ular suci dan gua mata air tawar, ada baiknya anda tetap disana sampai matahari hampir tenggelam. Mengapa? karena disaat-saat itulah yang diitunggu-tunggu oleh para wisatawan. Sunset di tanah lot sangat menakjubkan, bayangan dari pura akan menambah keksotikan dari pura tanah lot. Selain itu anda juga bisa memberi banyak sovenir-sovenir khas bali yang dijual oleh penduduk setempat di sekitaran areal tanah lot. - Ular Suci Tanah Lot