Sunday, December 28, 2014
Berlangganan

Keindahan Pura Beji Sangsit Bali Yang Menawan

Pura Beji

Keindahan Pura Beji Sangsit Bali Yang Menawan - Pulau seribu pura, itulah julukan yang disandang oleh bali. Betapa tidak, ribuan pura di bangun di pulau bali ini sebagai tempat persembahyangan bagi para umat hindu di bali. Mengapa bisa pura di bali sangat banyak? itu karena setiap rumah di bali yang beragama hindu memiliki pura. Itualah yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh pulau bali yang menbedakan dengan tempat lainnya.

Pura di bali selain sebagai tempat persembahyangan umat hindu juga bisa menjadi sebuah objek yang dapat menarik wisatawan. Itu dikarenakan pura di bali memiliki nilai estetika dan nilai sejarah yang cukup tinggi. Nilai estetika pura tergambar dari indahnya relief-relief yang terukir di dinding-dinding pura, juga pahatan halus patung-patung yang menawan. Bahkan kebanyakan pura di bali ini di bangun sejak indonesia masih dalam zaman kerajaan bahkan jauh sebelum itu, mengakibatkan pura di bali ini memiliki niai sejarah yang unik.

Salah satu pura di bali yang menjadi objek daya tarik wisatawan adalah Pura Beji Di Sangsit. Pura ini terletak di desa sangsit kecamatan sawan kabupaten buleleng - Bali. Ada juga pura lain yang indah di daerah buleleng atau bali utara yakni Pura Maduwe Karang di desa kubutambahan dan Pura Ponjok Batu di tejakula.
Pura Beji Sangsit Banyak Turis
Images By : www.dwibalitours.com

Keindahan Pura Beji Sangsit Bali Yang Menawan

Gambar Pelataran Pura Beji Sangsit Yang Indah
Images By : www.panoramio.com
Tidak seperti Pura Tanah Lot yang sudah banyak wisatawan mengetahuinya, Pura Beji ini masih belum terlalu familiar di mata wisatawan. Masih jarang wisatawan yang tahu keindahan pura beji ini, yang wisatawan tahu dari berkunjung ke bali adalah daerah denpasar, kuta, tanah lot, seminyak dan daerah sekitaran lainnya di bali selatan.

Pura beji ini memiliki keindahan arsitektur bangunan pura yang menakjubkan, tipe bangunan simetris dari candi membuat pura ini nampak indah. Seperti halnya pura-pura lainnya di bali, bangunan pura beji ini memiliki 3 bagian yang berbeda yakni bagian luar disebut 'nisata mandala' bagian tengah disebut 'madya mandala' dan pada bagian paling dalam disebut 'utama mandala' atau yang sering disebut juga dengan jeroan.
Relief dan ukiran bunga di pura beji
Images By : www.baliautrement.com
Jeroan di pura beji sangsit
Images By : bali.panduanwisata.id
Di bagian Nista mandala kita dapat menemukan bangunan tinggi yang disebut dengan 'Bale Kulkul', Bale kulkul ini adalah sebuah bangunan tinggi yang diatasnya terdapat sebuah kentungan besar yang fungsinya untuk mengumpulkan para penduduk sekitar. Di antara bagian pura Nisata mandala dan Madya mandala terdapat bangunan candi yang amat megah dengan ukiran-ukiran dengan seni artistik yang tinggi. Masuk ke bagian Madya mandala, kita akan menemukan beberapa banguanan yang mirip seperti aula yakni pada bagian selatan terdapat 'Bale Sekaulu' dan 'Bale Sekapat' dan pada bagian utara terdapat 'Bale Roras' dan 'Bale Paebatan'


Beranjak ke bagian utama dari Pura Beji yakni Utama Mandala, Pada bagian ini banyak ditemukan bangunan-bangunan suci dan disinilah umat hindu melakukan persembahyangan. Selain dari pada itu, disetiap tembok yang ada di pura beji ini terdapat relief berupa bunga atau tumbuhan yang terukir indah menghiasi sekeliling pura. Di setiap ukiran-ukiran itu memiliki keunikan dan arti tersendiri. Kawasan di pura beji ini juga cukup sejuk karena terdapat pohon-pohon rindang di sekelilingnya.
Salah Satu Patung Di Pura Beji Sangsit
Images By : beritabali.com

Menuju Pura Beji Sangsit

Untuk dapat menikmati keindahan Pura Beji ini, jika anda dari Pantai Lovina anda hanya perlu berkendara ke arah timur tepatnya di desa sangsit kecamatan sawan menuju jalan ke pelabuhan sangsit. Sekiranya anda akan menempuh jarak sekitar 18 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 Menit. Namun jika anda dari kota denpasar, anda akan menempuh jarak sekitar 90 Kilometer jika melewati bedugul dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam itupun jika tidak terhalang oleh kemacetan.

Peta Lokasi Pura Beji Sangsit