Wednesday, December 24, 2014
Berlangganan

Berwisata Ke Pura Ulun Danu Batur Kintamani Bali

Pura Ulun Danu Batur

Berwisata Ke Pura Ulun Danu Batur Kintamani Bali - Jika kita mencari 'Pura Ulun Danu' di google map dengan mengetikkan kata kunci 'Pura Ulun Danu' ke pencarian google map maka anda akan mendapati dua tempat yang berbeda di hasil pencarian anda. Satu pura ulun danu terletak di dekat danau beratan kecamatan baturiti tabanan, dan satu lagi pura ulun danu yang terletak di dekat danau batur daerah kintamani.

Loh kok bisa ada dua pura ulun danu di bali? iya memang namanya sama, akan tetapi tempatnya yang berbeda. Namun pura ulun danu di batur letaknya tidak tepat di pinggiran danau, namun dari pura ini anda masih bisa melihat indahnya danau batur dan gunung batur sekaligus.

Pura Ulun Danu yang terletak di dekat danau beratan biasa dikenal dengan Pura Ulun Danu Beratan, dan Pura Ulun Danu yang terletak di dekat danau batur biasa dikenal dengan nama Pura Ulun Danu Batur. Pura Ulun Danu memiliki sebuah arti yakni Pura yang letaknya di hulu sebuah danau. Pada postingan sebelumnya, kami sudah membahas tentang pura ulun danu yang berada di dekat danau beratan, dan kini kami akan membahas tentang pura ulun danu yang berada di dekat danau batur kintamani bali.

Keindahan Pura Ulun Danu Batur

Pura batur kintamani
Images By : www.banglikab.go.id
Pura ulun danu batur atau yang lebih dikenal sebagai pura batur ini berlokasi di desa kalanganyar kecamatan kintamani bangli atau tepatnya di pinggir jalan singaraja-denpasar. Dulunya pura ini terletak di lereng barat daya gunung batur, namun setelah bencana gunung batur meletus di tahun 1917 mengakibatkan areal pura ini hancur. Namun masih ada satu buah pelinggih yang tetap berdiri kokoh menjulang keatas setelah bencana tersebut.
Pura ulun danu batur
Images By : roamingfreely.com
Kemudian oleh bendasa atau kepala daerah setempat bersama warga sekitar, pura ulun danu ini dipindahkan ke tempat yang memiliki dataran yang
lebih tinggi yakni di tempatnya yang sekarang ini. Pura ulun danu batur terletak di ketinggian 900 meter dari permukaan air laut. Ini membuat udara di sekitaran pura ini menjadi sangat sejuk dan sedikit dingin. Tak jarang kabut tebal menyelimuti tempat ini tatkala udara dingin yang menyebar di daerah kintamani.
Pura ulun danu batur kintamani
Images By : www.downloadgambar.info
Pura ulun danu batur adalah objek wisata pelengkap bagi para wisatawan yang berkunjung ke danau batur atau ke gunung batur. Wisatawan yang gemar dengan objek-objek wisata seni arsitektur dan
bernilai sejarah akan merasa senang ke pura ini. Pura ulun danu sangatlah megah dan besar, terdapat banyak candi bentar yang menjulang tinggi bagaikan mencakar langit. Selain pada candi-candi yang megah, terdapat berbagai macam meru yang memiliki tingkat yang berbeda-beda.

Namun sebelumnya, untuk menikmati seluruh objek wisata yang ada di dalam pura ulun danu batur ini, para wisatawan asing maupun lokal harus mengenakan sebuah kamen ataupun kain yang di ikatkan di pinggang menyerupai rok panjang. Ini adalah sarana khusus yang digunakan para umat hindu untuk dapat memasuki pelataran sebuah pura.


Fasilitas di sekitaran pura ulun danu ini sudah sangat memadai, tak jauh dari pura ini anda sudah dapat menemukan restoran dan tempat parkir yang luas. Untuk menuju ke pura ulun danu ini, jika anda dari singaraja atau dari pantai lovina maka anda akan menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari pantai lovina dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Namun jika anda dari pusat kota denpasar maka anda akan menempuh jarak sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam. - Berwisata Ke Pura Ulun Danu Batur Kintamani Bali

Peta Lokasi Pura Ulun Danu Batur