Wednesday, December 31, 2014
Berlangganan

Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah Klungkung Bali - Pura adalah sebuah tempat suci bagi umat hindu yang fungsi adalah sebagai tempat pemujaan Tuhan dengan segala manifestasinya. Istilah Pura ini sama dengan istilah 'Mesjid' sebagai tempat pemujaan tuhan oleh umat muslim dan Istilah 'Gereja' sebagai tempat pemujaan tuhan oleh umat kristiani. Pura di bali sangatlah disucikan, namun masih dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat-lihat keindahan pura di bali.

Tujuan para wisatawan berkunjung ke sebuah pura selain untuk minikmati indahnya relief-relief yang ada di dinding-dinding pura wisatawan juga tertarik karena pura memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki di tempat-tempat lainnya. Contoh Pura yang memiliki keunikan tersendiri adalah Pura Tirta Empul Di Tampaksiring, dimana terdapat sebuah kolam dari pancuran air suci di dalam pelataran sebuah puranya. Ada juga Pura Ponjok Batu Di Tejakula, dimana terdapat sebuah karang berbentuk perahu kecil di dalam laut.

Ada juga Pura Goa Lawah di Klungkung, dimana terdapat sebuah Goa yang didalamnya dihuni oleh sekumpulan kelelawar. Kata 'Lawah' di bali artinya adalah kelelawar, jadi Goa Lawah berarti Goa yang dihuni oleh Kelelawar.

Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Pura goa lawah bali
Beberapa Pengunjung Yang Sedang Asik Menikmati Keindahan Goa Lawah
Images By : www.tripadvisor.com
Pura Goa Lawah berlokasi di desa pasinggahan kecamatan dawan kabupaten Klungkung-Bali. Yang unik dari pura ini adalah adanya sebuah Goa pada bagian Utama dari Pura. Bukan hanya sebuah Goa yang kosong, namun Goa ini berpenghuni. Penghuninya adalah sekumpulan kelelawar yang bergantungan di dalam goa ini. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa Kelelawar di pura ini adalah sangat keramat. Bahkan jika ada orang yang berani menggangu ataupun sampai membunuh keleawar di Goa ini maka akan terjadi sebuah bencana.
Tepat dimulut Goa ini di bangun berbagai macam pelinggih yang penyembahannya ditujukan kepada dewa penguasa lautan sebagai manifestasi dari tuhan. Ketika anda berada di sekitaran mulut Goa ini, anda akan mendengar suara ribuan kelelawar yang saling bersautan bagaikan bernyanyi-nyanyi di dalam Gua ini. Karena terdapat banyak kelelawar di Goa ini, maka akan menimbulkan bau agak pesing di areal pura ini. Namun walaupun demikian, semua itu akan terbayar setelah anda menikmati keindahan dari Goa Lawah ini. Umat hindu yang bersembahyang disini dilarang mengucapkan kata-kata kasar atau menjelek-jelekan Goa ini.
Bersembahyang di pura goa lawah
Umat Hindu Yang Sedang Melakukan Persembahyangan Di Pura Tanah Lot
Images By : id.balitrisnatour.com
Konon di dalam Goa tersebut selain dihuni oleh ribuan kelelawar, juga dihuni oleh sepasang ular besar yang menjaga Goa tersebut. Sepasang ular ini katanya adalah Ular Jantan dan Ular betina. Pernah dulu ada 'Jero Mangku' (Orang suci yang memimpin jalannya upacara) bertemu dengan kedua ular tersebut saat melakukan persembahyangan di pura goa lawah ini.

Tepat di depan pura goa lawah terdapat jalan besar jurusan Kelungkung-Amlapura. Di sebrang jalan ini terdapat laut yang luas dengan garis pantai yang membentang luas. Di pigiran jalan ini akan banyak kita temukan berbagai macam warung berjejer karena memang banyak wisatawan yang akan memilih bersantai disini setelah menikmati Keindahan Pura Goa Lawah ini.
Kelelawar di goa lawah
Sekumpulan Kelelawar Yang Ada Di Pura Goa Lawah
Images By : www.tripadvisor.com.au
Goa lawah sempat mengalami perombakan pada bangunan pura yang ada di mulut Goa. Namun sebelum itu diadakan sebuah upacara besar agar perombakan pura ini berjalan dengan baik. Benar saja, ajaibnya setelah diadakan upakara ini kerumunan kelelawar yang biasanya bergelantungan di dalam goa ini pergi entah kemana. Tak ada satupun kelelawar yang di temukan di goa ini sehingga tukang yang mengerjakan bangunan pura menjadi tidak terganggu. Kemudian setelah bangunan pura selesai di bangun dan diadakan upacara kembali, kelelawar kembali berdatangan ke Goa ini seperti sedia kala. - Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Perjalanan Menuju Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah Berlokasi di desa pasinggahan kecamatan dawan kabupaten Klungkung-Bali. Pura ini terletak tepat di pingggir jalan raya goa lawah. Daerah ini cukup dekat dari kota denpasar, anda hanya perlu menelusuri jalan prof.ide bagus mantra untuk menuju lokasi ini. Kita hanya akan menempuh jarak sekitar 34 Kilometer dengan jarak tempuh sekitar kurang dari 1 jam perjalanan.

Peta Lokasi Pura Goa Lawah Bali