Saturday, March 12, 2016
Berlangganan

Pantai Pulau Merah - Wisata Andalan Banyuwangi - Tempat Wisata indonesia

Pantai Pulau Merah - Sebuah pantai di Banyuwangi yang memiliki ciri khas dengan adanya sebuah bukit setinggi 200 meter di hadapan pantainya. Pantai ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi kearah selatan. Ini adalah salah satu pantai populer di Banyuwangi selain G-Land atau Plengkung.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi


Pantai Pulau Merah dikenal memiliki ombak yang baik untuk berselancar, ini dibuktikan dengan keempat kalinya di pantai pulau merah digelar kejuaraan surfing pada 25 September 2015 kemarin. Bagi para peselancar pemula, amatir, maupun profesional, Pantai Pulau Merah dapat menjadi tujuan untuk berselancar dan tentunya relatif lebih aman karena pantai pulau merah tidak memiliki banyak batu karang.

Untuk para wisatawan yang tidak berselancar, bisa menikmati Pantai Pulau Merah ini dengan berkeliling menikmati keindahannya. Bahkan, ketika air laut surut wisatawan bisa menjangkau bukit setinggi 200 meter yang ada di hadapan pantai. Di sana juga terdapat pura yang digunakan umat hindu beribadah yaitu Pura Tawang Alun.

Sebelum bernama pantai pulau merah, pantai ini bernama pantai ringin pitu. Ada dua versi yang cerita yang membuat nama pantai ini menjadi pulau merah, yang pertama karena warna tanah yang kemerah merahan, sementara versi yang kedua karena konon dari pulau merah yang ada dihadapan pantai dahulu pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamakannya pantai pulau merah.

Pantai Pulau Merah bisa ditempuh dalam waktu tiga jam menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor dari Kota Banyuwangi. Akses untuk menuju lokasi juga cukup baik dengan rambu-rambu petunjuk arah menuju Pulau Merah.