Monday, October 12, 2015
Berlangganan

Ayo Ke Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali - Sebuah Pulau yang ada di ujung tenggara pulau bali dan termasuk dalam daerah Kabupaten Kelungkung. Itulah Nusa Penida.


Nusa Penida merupakan salah satu pulau dari jajaran 2 pulau lain yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dimana Nusa Penida berada paling kanan dari jajaran pulau-pulau tersebut. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, hampir setiap jengkal dari Pulau Bali dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang menakjubkan begitupun dengan di Nusa Penida. Bahkan tidak di Nusa Penida saja, kedua saudaranya yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan pun merupakan objek wisata yang sangat sayang jika anda melewatkannya.

Dari ketiga pulau tersebut, Nusa Penida lah yang memiliki wilayah yang paling luas diantara kedua saudaranya Nusa Ceningan Dan Nusa Lembongan. Bahkan jika dibandingkan, Nusa Penida memiliki ukuran lebih dari 10 kali lipat Nusa Lembongan.

Baru-baru ini, Nusa Penida Mengadakan sebuah festival budaya yang di gelar di Nusa Penida juga. Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan mulai dari Menarikan tarian rejang Dewa dengan jumlah penari 1000 orang, lomba miniatur Perahu Layar, Lomba Sampan, Lomba busana adat oleh para wisatawan, Penanaman terumbu karang dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya. Semua itu dilakukan agar menarik para wisatawan untuk datang, berkunjung dan menikmati indahnya pulau Nusa Penida.
Nusa Penida

Sejarah Nusa Penida Bali

Nusa Penida merupakan sebuah pulau (nusa=pulau) yang terletak di sebelah tenggara pulau bali dan dipisahkan oleh selat badung. Nusa Penida termasuk dalam kabupaten Klungkung memiliki sejarang yang ditemukan dalam babad (sejarah, kisah kumpulan, silsilah) Blahbatuh

Disebutkan bahwa pada abad ke-18 Nusa Penida digunakan sebagai tahanan dinasti gelgel dari bali dibawah pimpinan Kerajaan Majapahit. Dinasti Gelgel merupakan sebuah kerajaan dibali yang daerah kekuasaannya meliputi pulau lombok.

Sebelum Majapahit datang ke Bali, Dinasti Gelgel merupakan kerajaan yang telah menguasai Nusa Penida setelah membunuh Raja terakhir di Kerajaan Nusa Penida. Sejak saat itu kerajaan di Bali mulai memerintah di kerajaan Nusa Penida pada paruh abad ke-17.

Cara Menuju Nusa Penida

menuju nusa penida

Ada banyak cara menuju Nusa Penida, yang pertama adalah dengan menggunakan kapal kecil (jukung) yang dapat di sewa di Pantai Sanur. Dengan menggunakan Jukung ini anda akan menempuh waktu kira-kira 90 menit perjalanan dengan biaya kurang lebih 40.000 Rupiah.

Namun jika anda menggunakan fast boat, anda tentunya akan membutuhkan waktu lebih cepat dari pada menggunakann Jukung, kira-kira 50 menit perjalanan. Namun tentunya juga memerulukan budget yang agak lebih yakni kira-kira 75.000 Rupiah.

Jika anda ingin membawa kendaraan seperti motor dan mobil ke Nusa Penida ini, anda harus pergi terlebih dahulu ke pelabuhan Padang Bay  kira-kira 1 Jam perjalanan dari Denpasar untuk mengambil akomodasi kapal feri (Kapal Ro-Ro dan Kapal Re-Re)  untuk ke Nusa Penida. Namun perjalanan menggunakan kapal feri ini hanya untuk berlabuh ke Nusa Penida tidak untuk ke Nusa Lembongan danatau Nusa Ceningan.

Wisata Nusa Penida

Secara geografis, tekstur Nusa Penida tidak seperti pada daerah-daerah wisata lainnya di Bali. Nusa Penida banyak terdapat perbukitan-perbukitan dan tebing sehingga menjadi daerah wisata yang unik yang berbeda dari Biasanya.

Bagi anda yang ingin mengunjungi dan melihat sesuatu yang berbeda, sangat disarankan untuk datang ke Nusa Penida. Karena saya yakin anda akan sangat terpesona melihat pulau kecil di tenggara bali ini. Berikut saya berikan tempat-tempat wisata yang populer dikunjungi para wisatawan di Nusa Penida

Pantai Atuh Nusa Penida

pantai atuh nusa penida
Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Bali, pantai ini sangat-sangat membuat anda tenang. Mengapa? di pantai ini anda akan mendapati suasana ketenangan bercampur dengan decak kagum yang akan anda lontarkan ketika telah sampai di Pantai Atuh.

Perjalanan jalan setapak menuju bukit akan terlihat jelas hamparan laut Pantai Atuh yang membentang kira-kira 500 meter ini. Menuruni bukit melewati kebun warga dan pepohonan kelapa akan menambah keseruan seperti seolah-olah anda adalah Backpacker sejati. Sesampai di Pantai Atuh, mulailah terasa terbayarkan perjuangan anda.

Pantai dengan pasir berwarna putih ini sangat terjaga kealamiannya, mungkin karena jarang yang mengunjungi pantai ini seperti halnya putri cantik yang telah lama tertidur. Anda dapat bersantai ataupun berjalan-jalan di pesisir pantai atuh, jauh dari polusi udara akan menambah kesejukan suasana berlibur anda.

Pantai Uug Nusa Penida

pantai uug nusa penida
Pantai Uug, kalau anak bali yang mendengarnya pasti aneh karena kata Uug itu artinya Rusak. Jadi Pantai Uug artinya ya Pantai Rusak. Etis, tapi ya jangan salah, nama kan tidak dapat mendeskripsikan dari keseluruhan cuy. 

Pantai Uug merupakan objek wisata legendaris yang sangat menakjubkan. Viewnya kurang lebih agak seperti di Uluwatu namun ombak disini lebih kalem. Kalau dari pelabuhan toyapakeh kira-kira waktu tempuh sekitar 50 menitan. Kok lama? medan coy, tidak seperti obejk wisata di pulau bali. Jalannya disini seperti berpetualang di gunung pablog (dora) :D

Pantai Kristal Nusa Penida

pantai kristal
Pantai kristal termasuk daerah Sakti yang view lautnya agak menjorok ke tengah daratan dan di dalemnya terdapat pulau kecil. Di pantai ini, anda dapat melakukan banyak hal, tapi kebanyakan pengunjung sih hanya duduk-duduk atau jalan-jalan di pesisir pantai ini.

Jika anda bosan dengan view pemandangan laut dari bawah, anda dapat naik keatas untuk melihat view keselurhan dari pantai kristal ini. Dengan medan berupa ratusan anak tangga yang telah dibuat permanen anda akan dapat melihat indahnya pulau kecil di tengah laut yang begitu menakjubkan.

Mata Air Seganing Nusa Penida

mata air seganing nusa penida
Berjarak sekitar 15 kilometer dari pelabuhan toyapakeh, tepatnya di daerah desa Sebuluh. Terdapat sebuah mata air yang airnya langsung turun terjun ke laut lepas. Dulu katanya, para penduduk desa setempat mendapatkan air bersih dari mata air ini. Jadinya dibuatkan akses jalan dari tebing menuju ke bawah Mata Air ini.

Tips untuk anda, jangan bercanda di perjalanan menuruni tebing. Mengapa? karena medan yang akan ditempuh sangatlah exstrime. Semakin kebawah, medan semakin terjal dan berbatu. Bagi anda yang memiliki Phobia ketinggian diharapkan tidak memaksakan diri ya dari pada terjadi kejadian-kejadian yang tidak diharapkan.

Tips satu lagi, untuk yang datang kesana saat musim hujan atau setelah hujan, lebih baik anda mengurungkan niat. Soalnya ketika hujan atau setelah hujan, medan akan semakin licin sehingga sangat beresiko untuk di lalui.

Tapi setelah anda melewati sedemikian ruwet perjalanan, and akan terpesona melihat keindahan tempat ini. Tebing terjal yang menjadi penghalang perjalanan kini terlihat sangat indah dan menawan. Woow pokoknya top deh.

Hotel Di Nusa Penida

Berwisata tak lengkap rasanya jika tidak menginap semalam di tempat wisata itu sendiri. Di Nusa Penida sendiri telah didirikan beberapa tempat menginap seperti hotel dan bungalow.

Namaste Bungalows

namaste bungalow nusa penida
Merupakan sebuah bungalow yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari restoran, bar, memancing, kolam renang dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Berlokasi Jalan Raya Sakti, Nusa Penida. Tentunya dengan membooking secara online akan diberikan penawaran khusus untuk anda. Anda bisa Booking hotelnya langsung disini.

Ring Sameton Inn

hotel di nusa penida
Berlokasi di Jalan Raya Sampalan-Toyapakeh, Br. Bodong, Ped, Nusa Penida, Bali. Fasilitas yang diberikan hampir sama dengan namaste bungalows.

Nusa Garden Bungalows

nusa gaden bungaliiw nusa penida
Cocok bagi anda yang menginginkan penginapan dengan harga miring dengan fasilitas yang lumayan. Berlokasi di Desa Batu Nunggul, Banjar Sampalan, Semarapura, Nusa Penida.
Foto By : FebryHadinata | Photography

Peta Pulau Nusa Penida