Wednesday, January 7, 2015
Berlangganan

Pulau Menjangan - Taman Nasional Bali Barat

Pulau Menjangan - Orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke bali pasti pernah merasa bosan dan berkata "Di bali cuma ada itu-itu aja..." tapi setelah ditanya apakah dia sudah pernah ke Pulau Menjangan? jawabannya 'tidak pernah'.

Kebanyakan yang berkunjung ke bali hanya mengunjungi daerah bali selatan, khususnya pantai kuta dan sekitarnya. Mereka belum mengetahui bahwa di bali banyak sekali objek wisata yang sangat menakjubkan selain itu. Contohnya adalah Pulau Menjangan yang letaknya di ujung barat pulau bali.

Pulau ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa, biota lautnya sangat beragam dan banyak ditemukan terumbu karang bagi anda yang hobi Snorkeling. Kawasan Pulau menjangan ini adalah termasuk kawasan Taman Nasional Bali Barat pada zona ketiga yakni zona kawasan wisata.

menjangan di pulau menjangan
Sekumpulan Menjangan (kijang) di Pulau Menjangan

Snorkeling Di Pulau Menjangan

Luas asli pulau ini adalah sekitar 175 hektar, dengan banyak objek laut yang menjadi daya tarik para wisatawan. Kata Menjangan diambil dari nama hewan yang dulunya hidup sejahtera di pulau ini. Menjangan adalah hewan yang mirip kijang dengan nama ilmiah Cervustimorensis. Karena dulu banyak manusia yang memburu kijang-kijang ini, maka kijang di pulau menjangan menjadi hilang dan punah. Namun untuk mempertahankan nama serta identitas pulau ini, pada tahun 1980 dilepaskan sekitar 22 ekor kijang yang sangat dilindungi oleh pemerintah. Dan sampai saat ini kijang-kijang tersebut sudah semakin banyak dengan berkembang biak.

Di sekitara pantai pulau menjangan atau bisa di laut lepas pantai di pulau ini sangat cocok digunakan sebagai tempat snorkeling. Kalau anda tidak tahu snorkeling, snorkeling adalah kegiatan menyelam di permukaan air dengan bantuan alat dengan tujuan dapat melihat secara langsung biota yang ada di dasar laut. Di kawasan pulau menjangan memiliki itu semua, Laut yang tidak terlalu dalam dengan tenangnya ombak laut serta jernihnya air membuat kawasan ini sangat cocok untuk kegiatan Snorkeling.

Dengan Snorkeling anda dapat melihat secara langsung hamparan hutan terumbu karang yang ada di laut pulau menjangan. Lokasinya sangat dekat dengan bibir pantai, bahkan anda dapat melihat langsung terumbu karang dari atas permukaan air laut karena memang air laut disini benar-benar sangat jernih. Selain melihat ribuan jenis terumbu karang yang indah dengan warna-warnanya, anda juga akan menyaksikan berbagai macam ikan hias yang hidup diantara sela-sela terumbu karang. Tapi mungkin untuk melihat ikan hias yang lebih beragam anda perlu lebih masuk ke dalam laut tentunya dengan perlengkapan menyelam yang memadai.

Selain Snorkeling?

Anda sudah bosan bersnorkeling ria? tentunya anda bisa menyelam lebih dalam lagi kedalam laut palau menjangan ini. Bagi anda yang suka menyelam tentunya akan menjadi pengalaman yang tak akan pernah dilupakan jika sudah menyelam di pulau ini, itu karena keindahan terumbu karang dan ikan hiasnya yang sangat ramah dengan para penyelam. Namun bagi anda yang belum pernah menyelam, ada baiknya anda menyewa seorang pemandu yang telah berpengalaman dalam bidangnya.

Setelah selesai bermain-main di laut, anda bisa duduk-duduk santai di pinggiran pulau yang tak berpenghuni ini. Tak jarang anda akan melihat beberapa hewan menjangan yang terlihat malu-malu menoleh kearah anda. Tapi ingat jangan diburu, menjangan di pulau ini sangatlah dilindungi.

Perjalanan Menuju Pulau Menjangan

 Pulau menjangan berlokasi di sebelah utara dari taman nasional bali barat. Pulau ini masuk ke dalam desa klampok, kecamatan grokgak, kabupaten buleleng-bali. Untuk dapat menikmati keindahan di pulau ini, anda harus menyewa sebuah kapal motor (boat) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pelabuhan lalang.

Akomodasi di pelabuhan lalang sangatlah lengkap, sudah disediakan restorant, penginapan, bar, dan masih banyak lagi.

Bila anda berwisata ke bali, jangan lupa sertakan Pulau Menjangan di daftar wisata anda. Karena saya yakin anda tidak akan kecewa memilih pulau menjangan ini sebagai bagian dari liburan anda ke bali.

Peta Lokasi Pulau Menjangan